Sabtu, 25 April 2015

PENYEBAB FLASHDISK TIDAK DI EJECT


Salah satu kebiasaan kita kita kalo langsung nyabut flashdisk begitu aja dengan alesan ga kenapa napa atau terburu buru tapi dari situ bisa langsung ngerusak itu flashdisk secara perlahan-lahan. Pernah ngalamin kejadian ini, diliat nya sih sepele, tapi kalo makin keseringan  bisa fatal akibatnya kalo kebiasaan ini terus berlanjut. Mulai dari flashdisk itu gak kebaca isinya tapi di size flashdisk nya ada filenya, bisa juga langsung kena system PC atau laptop kalian. Yaa cari info sana sini akhirnya tau tuh kenapa Flashdisk ane bisa error gitu sama juga cara ngatasinnya.
Langsung aja ane akan ngejelasin sedikit info apa aja sih dampaknya kalo flashdisk langsung di cabut gitu aja atau tanpa di eject.

Pertama ane sedikit ngejelasin system apa aja yang kena dampak besarnya, seperti  System NTFS ( New Tehcnology File System ), FAT32 ( File Allocation Table 32), dan filesystemRAW.
Secara simpel nya sih System NFTS dan FAT 32 itu adalah system untuk ngebaca file yang ada di Windows sendiri seperti mindahin data atau semacem nya buat copy paste file. Kalo file system RAW itu file system di bawahnya NFTS dan FAT32 itu jadi ga teralu bisa buat baca file yang di Windows kalian.
Sebelumnya pas nginstall Windows, pasti kalian dipilih option Format With NTFS or FAT. Tapi hampir seluruh pengguna Windows memilih NTFS karena NFTS lebih bagus karena langsung masang security/ keamanan yang lebih dari FAT32.

Berikut ini ane akan bandingin kinerja dan kemampuan dari FAT32 dengan NTFS. Kriteria-kriteria yang menjadi dasar perbandingan kedua system file ini antara lain kecepatan akses, ukuran partisi, dan banyak file, kemanan data, daya tahan, efisiensi penggunaan ruang disk, dan kecocokan dengan system file lainnya.
  1.  Kecepatan akses, NTFS dapat mengakses file dengan cepat karena NTFS menyimpan atribut data dalam MFT, namun jika terfragmentasi menjadi banyak bagian, maka perpindahan head dari disk akan memperlambat pengaksesan. Pada FAT32, proses pengaksesan file akan jauh lebih lambat jika file terfregmentasi dan bagian-bagiannya tersebar berjauhan dalam disk.
  2. Ukuran Partisi dan banyak file. Baik NTFS maupun FAT32 mempunyai ukuran maksimum partisi sebesar 2 terabytes. NTFS memiliki ukuran maksimum tidak terbatas. Sedangkan FAT32 terbatas hingga 4GB.
  3. Keamanan dat. NTFS memiliki built in security, yang memungkinkan untuk mengatur perizinan dari masing-masing file maupun direktori. Dan ini tidak dimiliki FAT32.
  4. Daya tahan, NTFS menggunakan standard transaction logging, sehingga pemulihan terhadap kesalahan yang tidak diinginkan dapat dilakukan dengan mudah. Sedangkan FAT32 tidak memilikinya.
  5. Efisiensi penggunaan ruang disk. NTFS lebih hemat daripada FAT32
  6. Kecocokan dengan system file lain. NTFS tidak dapat membaca partisi FAT32. Sedangkan FAT32 bisa membaca semua partisi baik FAT32 maupun NTFS.
Nah segitu aja beberapa info yang ane kasih biar sedikit tau apa itu NFTS, FAT , ama file system RAW. Jadi kalo keseringan langsung cabut aja tuh Flashdisk tanpa proses eject bisa kena FileSystem yang ada di Flashdisk yang awalnya NTFS/ FAT32 bisa kebaca, jadi ga bisa kebaca alias jadi FileSystem RAW . Yaa mau ga mau pasti ujung ujungnya format itu Flashdisk, kan sayang banget file file yang ada di Flashdisknya, mending kalo ada Backup-an nya, kalo engga ada,. Ya pasrah dong.
Ini ane kasih gambaran gimana aja kalo FileSystem NTFS atau FAT32 berubah jadi FileSystem RAW.



Ada secara langsung bisa Format tuh Flashdisk, ada juga ga bisa secara langsung yaaa khususnya pake software. Kalo software mungkin ada banyak di mbah google.com , tapi ane kasih tips secara manualnya aja kalo ga mau nyari ataupun download tuh softwarenya.
Cara nya :
  1. Colok dulu tuh Flashdisk yang mau di format ke PC / Laptop kalian
  2. Klik Start kemudian pilih RUN, atau shorcut key nya Windows + R
  3. Ketik kolom RUN tersebut compmgmt.msc
  4. Kemudian akan muncul Window baru yaitu ‘Computer Management’
  5. Pilih Storage, kemudian Disk Management, disini bisa langsung ke detect Flashdisk yang tadi kalian colok ke PC/Laptop kalian. Klik kanan pada Flashdisk yang ingin di format, kemudian pilih Format
  6. Tunggu sampai proses selesai, dan Flashdisk berhasil di format.

Lakukan jika masih belum bisa :

Biasanya flashdisk tidak bisa di format dikarnakan terdapat write protection di dalamnya. maka kita harus menghapusnya terlebih dahulu sebelum bisa di format. Ane nyoba jelasin caranya 
  1. Tekan tombol Window + R
  2. Pilih perintah "regedit" 
  3. Kemudian akan muncul kotak dialog baru, tekan Ctrl+F.
  4. Ketik tulisan berikut "write protected" (tanpa tanda petik) pada kotak searching, pilih Find Next dan segera hapus jika menemukan keterangan write protected. Caranya dengan melakukan klik kanan memunculkan pesan hapus.
  5. Klik OK
  6. Write protected sudah terhapus kodenya dan mobile flashdisk kembali ke kondisi semula.
  7. Tutup dialog Registri Editor, cabut flashdisk lalu restart komputer Anda

Nah setelah di format itu Flashdisk maka Flashdisk bisa dipake lagi untuk menyimpan file/ data kalian.

Sekian dari penjelasan ane tentang Penyebab Flashdisk tidak di Eject. Kalo masih ada yang bingung sama penjelasan ane diatas, silahkan bertanya di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih udah ng baca yaa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar