Selasa, 10 Oktober 2017

1.1 PENGERTIAN ETIKA

Etika yang berasal dari bahasa Yunani Kuno “ethukos”, yang berarti “timbul dari kebiasaan” .Etika yang dimulai dari kebiasaan manusia merefleksikan unsur-unsur etis dalam kegiatan sehari hari berupa penerapan tingkah laku seperti benar, salah, baik, buruk, dan tanggung jawab. isi dari etika itu sendiri terdiri atas nilai atau kualitas mengenai standard an penilaian moral bagi manusia. etika memerlukan sikap kritis, metodis, dan sistematis dalam refleksi.

Etika berasal dari suatu sistem pergaulan di masyarakat sekitar yang saling terlibat satu sama lain agar mereka merasa senang, tenang, tentram, terlindung tanpa merugikan kepentingannya serta terjamin agar perbuatannya yang tengan dijalankan sesuai dengan adat kebiasaan yang berlaku dan tidak bertentangan dengan hak hak asasi umumnya.


Etika membantu manusia untuk mengambil sikap dan bertindak secara tepat dalam menjalani bermasyarakat dan yang akhirnya membantu kita untuk mengambil keputusan tentang tindakan apa yang kita perlukan dan tidak kita perlukan, yang bahwa diartikan etika dapat diterapkan dalam segala aspek atau sisi kehidupan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar