Senin, 20 Oktober 2014

TUGAS PENGANTAR BISNIS

1. .Pengertian Bisnis menurut kalian !
-          Bisnis merupakan suatu kelompok yang menjual barang atau jasa yang dibutuhkan kepada konsumen atau sesama pebisnis lainnya yang bertujuan untuk mencari keuntungan atau laba. Sibuk dalam mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang menguntungkan. Bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran serta kesejahteraan bagi pemiliknya.

2. Jelaskan jenis –jenis bisnis !
a.       Monopsoni
Keadaan dimana satu pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang atau jasa dalam suatu komoditas. Monopsoni sering terjadi di daerah-daerah perkebunan.
b.      Oligopoli
Pasar dimana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan, jumlah perusahaan lebih dari dua dan tidak lebih dari sepuluh dalam pasar oligopoli. Setiap perusahaan menyesuaikan dirinya sebagai permainan pasar yang dimana keuntungan mereka tergantung pada produk-produk pesaing mereka sehingga usaha promosi iklan, produk baru, perubahan harga ditujukan untuk mengarahkan konsumen dari produk pesaing. Praktik oligopoli umumnya dilakukan sebagai salah satu upaya menahan perusahaan potensial masuk kedalam pasar dan sebagai salah satu usaha untuk menikmati laba normal dibawah tingkat maksimum dengan menutupkan harga jual terbatas.
c.       Oligopsoni
Keadaan dimana dua atau lebih pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli barang tunggal atau barang dan jasa dalam suatu pasar komoditas.
d.      Pasar monopoli
Suatu bentuk pasar dimana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga pada pasar disebut penjual atau monopolis, sebagai penentu harga dengan cara menentukan jumlah harga dengan arti mengurangi harga atau menaikan harga. Apabila penetapan harga terlalu mahal, maka orang akan menunda pembelian dan mencari atau membuat barang subtitusi (pengganti). Ciri utama pasar ini adalah seorang penjual menguasai pasar dengan jumlah pembeli yang sangat banyak, tidak terdapatnya barang pengganti dan adanya hambatan yang besar untuk dapat masuk kedalam pasar.

3.   Mengapa kita perlu berbisnis? Jelaskan !

Karena untuk mencari keuntungan dari sebuah perusahaan yang kita pimpin dan memberikan kesejahteraan bagi para pekerja yang bekerja kepada kita serta meningkatkan lapangan pekerjaan. Dalam berbisnis juga dapat memenuhi kebutuhan para konsumen dalam memakai barang atau jasa sebuah perusahaan. Bisnis dapa menciptakan suatu keputusan yang tegas dan bijaksana dalam mengambil keputusan yang tepat untuk masa depan suatu perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar