Selasa, 05 Mei 2015

KEADAAN SISTEM EKONOMI SOSIALISME DI INDONESIA

SISTEM PEREKONOMIAN INDONESIA




Hahahai... Kali ini ane ngposting tentang Ekonomi . Negara kita tercinta ini menganut Sistem Perekonomian Campuran yang salah satunya Sosialisme, yang mewakili masyarakat secara langsung atau dengan campur tangan dari Pemerintah. Langsung aja ane bahas tentang sosialisme ini....

Pertama-tama, apa itu Sosialisme ??
Sosialisme merupakan salah satu contoh sistem ekonomi yang di pakai oleh Indonesia. Suatu sistem perekononomian yang dapat memberikan kebebasan orang untuk melaksanakan kegiatan ekonomi tetapi masih dalam campur tangan pemerintah secara terpusat.  Dengan mengutamakan prinsip kebersamaan dan juga sebagai tata kehidupan perekonomian negara serta jenis-jenis perekonomian yang memajukan kehidupan masyarakatnya. Sistem ini berpandangan bahwa kemajuan tiap invidu bisa terwujud apabila berprinsip pada kemakmuran bersama.



Kenapa ada sistem Sosialisme, karena melihat dari cara sistem ekonomi yang terpusat, pemerintah dapat mengatur serta mengawasi produksi, distribusi sumber daya yang dihasilkan dengan peraturan negara, dan karena juga semua alat produksi yang dimiliki oleh pihak negeri semuanya dikuasai oleh pemerintah. Memang sedikit ruang terbatas bagi masyarakat untuk dapat berproduksi ataupun memasarkan barang  dari hasil produksi mereka, tetapi dengan campur tangan pemerintah mungkin hasilnya akan maksimal.  Kemakmuran masyarakat dapat lebih merata dan juga pembangunan lebih cepat diwujudkan, karena balik lagi, hasil dari produksi masyarakat disalurkan ke pemerintah secara langsung dan pemerintah melaksanakan pembangunannya. Jadi dari sini kita bisa lihat masyarakat harus berpikir kreatif dan inovatif agar yang dihasilkan lebih besar.

Tetapi dari beberapa keuntungan sistem ekonomi sosialis ada juga beberapa penyimpangannya. Apabila masyarakat tidak memiliki pola kreatif maka hampir semua pengusaha hanya melakukan infisatif saja , maksudnya adalah masyarakat hanya berangan-angan saja tanpa adanya usaha karena pemerintah memiliki faktor besar dalam sistem ini jadi hanya pemerintah saja yang berpikir kreatif tanpa di ikuti oleh masyarakatnya dan dampaknya pembangunan negara sedikit berjalan atau tanpa berjalan sama sekali. Adanya pasar gelap yang disebabkan oleh pembatasan yang terlalu ketat oleh pemerintah jadi masyakarat mencari celah kelemahan dari sistem ekonomi ini karena pemerintah sibuk mengawasi dan mengendalikan kegiatan perekonomian.



Masyarakat tidak dijamin untuk memilih dan menentukan jenis pekerjaan dan juga memilih barang konsumsi yang disediakan oleh pemerintah. Hal ini dapat terjadi apabila pemerintah terlalu over protektif barang barang yang dihasilkan oleh masyarakatnya. Satu hal yang memiliki dampak yang paling besar dalam sistem ekonomi sosialisme yaitu pemerintah bersifat paternalistis. Yang dimaksud adalah apa yang telah di atur atau ditetapkan oleh pemerintah adalah benar dan harus di patuhi.


Sekian aja nih pembahasan ane tentang sistem ekonomi sosialisme ini. Mudah – mudahan para pembaca sekalian paham apa yang ane jelasin. Kalo ada yang mau nambahin atau kritik bisa corat-coret di kolom komentar. 

SUMBER 1
SUMBER 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar